Kamis, 22 Januari 2015

Apasih Gaya Hidup Sehat Buat Pelajar Sibuk ?





Sebagai seorang pelajar yang sibuk dengan kesibukannya yang benar-benar ada atau dibuat ada, pelajar harus mengimbanginya dengan tubuh yang sehat dan fit. Oleh karena berikut ini ulansannya.


1. Selektif terhadap Makanan

 Pilihlah makanan yang “memang” dibutuhkan oleh tubuh, jangan asal memasukkan makanan ke dalam mulut aja tanpa memikirkan apakah itu berguna buat tubuh atau tidak. Salah satu makanan yang bagus buat tubuh adalah madu dengan dicampur air yang berguna membersihkan pencernaan. Secara garis besar, ada tiga nutrisi pokok yang dibutuhkan yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein dan 20%nya lemak.


2. Tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.

Seharusnya makanlah yang sering. Jadi makan itu secukupnya saja yang penting intesitasnya. Lambung yang normal akan menjadi kosong kembali setelah 4-5 jam, jadi pola makan 3x sehari itu sebenarnya tak cukup, seharusnya 4-5x sehari. Kapasitas perut dibagi ke dalam tiga bagian, 1/3 untuk makanan, 1/3 minuman, dan 1/3 untuk udara. Cukuplah beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuh. Saat kita makan terlalu banyak lambung akan bekerja lebih keras dan kita mesti akan terasa mengantuk, nah hal ini sangat buruk sekali bila jadi kebiasaan setelah makan tidur.

3. Cepat tidur dan cepat bangun

 Menurut penelitian tidur ideal hanya butuh 4-6 jam saja seharusnya sudah cukup. Kita tidur lebih dari itu adalah karena kebiasaan kita. Oleh karena itu ubah kebiasaan kita pelan-pelan, selain bisa hidup sehat kita dapat memanfaatkan waktu yang biasa kita gunakan tidur dengan kegiatan yang lebih berguna. Orang yang biasa tidur 8 jam sehari memiliki resiko kematian yang lebih cepat ( nah looo). Selain itu setelah tidur 4-6 jam tubuh juga menyerap nutrisi yang ada di tubuh, saat nutrisi dalam tubuh habis akan terjadi katabolik,dimana tubuh memakan tubuh sendiri, khususnya protein otot. Dampaknya akan menyisakan lemak tubuh. Bagi orang gemuk akan tambah gemuk untuk orang kurus akan menurunkan stamina karena otot berkurang.


4. Olahraga yang cukup


Nah ini saran terakhir, olahraga banyak manfaatnya. Buat lo orang gendut akan mempengaruhi pada pengaturan pola makan (tambah kurus) dan menambah massa otot, untuk orang kurus akan memproduksi hormon insulin yang membantu dalam penyerapan nutrisi agar lebih baik. Nah dari olahraga yang banyak itu, yang paling enak adalah jogging setelah bangun tidur karena sangat baik untuk membakar kelebihan lemak tubuh. Lakukan jogging dalam keadaan belum memperoleh asupan nutrisi apapun, kecuali air. Sehingga tubuh akan membakar lemak sebagai energi bukan nutrisi kita. Untuk orang gemuk jogging 3x sepekan dengan @30-45 menit atau 5-6x @10-15 menit sedangkan untuk orang kurus cukup 3x @10-15 menit saja. Setelah jogging jangan mengkonsumsi makanan berlebih karena nanti tak ada hasilnya.


Dan ingat satu lagi, paham saja tak cukup. Haruslah ”DIPRAKTIKKAN”. Percuma kalau tak dipraktikkan. Coba pelan-pelan jangan langsung. Mulai dari hal keci karena melakukan hal yang paling kecil jauh lebih berguna daripada niat yang paling besar. Selamat mencoba kawan :p




0 komentar:

Posting Komentar